Kualitas Informasi

Kategori Sub-Kategori / Deskripsi
I. Daftar informasi publik online A. Dokumen Pengadaan Barang dan Jasa Tahun 2023 – 2024

  1. Dokumen berkaitan tahap Perencanaan
  2. Dokumen berkaitan tahapan Pemilihan
  3. Dokumen berkaitan tahapan Pelaksanaan

B. Dokumen keuangan
C. Dokumen Perjanjian/MoU atau sejenisnya
D. Dokumen berkaitan tata kelola organisasi, administrasi, atau kepegawaian
E. Dokumen berkaitan program dan kegiatan

II. Informasi dikecualikan habis jangka waktu Daftar informasi publik telah mencantumkan informasi dikecualikan yang habis jangka waktu
III. Informasi publik terbuka Badan publik menyediakan informasi publik lain yang telah dinyatakan terbuka bagi masyarakat
IV. Informasi dikecualikan Menyediakan dan mengumumkan informasi dikecualikan hasil uji konsekuensi sesuai standar Perki 1 tahun 2021
V. Menyediakan dan mengumumkan informasi tentang prosedur memperoleh informasi publik di website dan sarana lainnya A. Tata cara memperoleh Informasi Publik disertai informasi waktu dan syarat permohonan
B. Tata cara pengajuan keberatan dan proses penyelesaian sengketa Informasi Publik berikut pihak-pihak yang bertanggungjawab yang dapat dihubungi
VI. Menyediakan dan mengumumkan informasi tentang tata cara pengaduan penyalahgunaan wewenang atau pelanggaran oleh badan publik A. Tata cara pengaduan penyalahgunaan wewenang atau pelanggaran oleh pejabat Pemerintah Provinsi dan/atau penyalahgunaan oleh pihak ketiga yang bekerjasama dengan badan publik
VII. Menyediakan dokumen permohonan informasi A. Menyediakan buku atau daftar register permohonan informasi publik (memuat nama pemohon, alamat, informasi diminta, alasan penolakan)
B. Menyediakan dokumen jawaban PPID atas penolakan permohonan informasi
C. Menyediakan dokumen jawaban PPID terhadap permohonan informasi yang diterima
D. Menyediakan dan mengumumkan alasan yang dapat digunakan Pemohon Informasi mengajukan keberatan
E. Menjalankan keputusan mediasi dalam sengketa informasi
F. Menjalankan keputusan Komisi Informasi yang telah berkekuatan hukum tetap

Jenis Informasi

No Kategori Sub-Kategori / Deskripsi
I Mengumumkan informasi tentang profil kementerian/lembaga/badan A. Mengumumkan informasi deskripsi tugas dan fungsi dalam website Kementerian/Lembaga/Badan

B. Mengumumkan LHKPN Pejabat Negara yang telah diperiksa, diverifikasi, dan dikirimkan KPK dalam website:

  1. Pimpinan tertinggi badan publik
  2. Pejabat lain di lingkungan instansi pemerintah yang termasuk wajib melaporkan LHKPN
  3. Mengumumkan persentase pejabat yang wajib melaporkan LHKPN di lingkup instansinya
II Mengumumkan informasi tentang program dan/atau kegiatan yang bersifat strategis sesuai tugas dan fungsi

A. Mengumumkan program-program atau kegiatan Tahun 2024 yang diumumkan di website sesuai dengan tugas dan fungsi yang memuat nama program/kegiatan, penanggungjawab/pelaksana, target, jadwal pelaksanaan dan sumber anggaran serta besaran anggaran

B. Mengumumkan program-program atau kegiatan yang sedang dilaksanakan Tahun 2024 yang diumumukan dalam website

C. Mengumumkan informasi ringkasan kinerja atau nama lain atas program/kegiatan yang telah dilaksanakan berupa realisasi kegiatan beserta capainnya

III Mengumumkan informasi keuangan A. Mengumumkan dalam website Lengkap Tahun 2023 yang telah diaudit yang terdiri dari: Laporan Realisasi Anggaran (LRA), Catatan Atas Laporan Keuangan (CALK), Daftar Aset dan Investasi serta Neraca

B. Mengumumkan dalam website terkait informasi keuangan Tahun 2023 dalam bentuk

  1. DIPA
  2. RKA-KL

C. Informasi keuangan lainnya terkait realisasi atau penyerapan penggunaan keuangan Tahun 2024

IV Mengumumkan ringkasan laporan akses informasi publik tahun 2023

A. Jumlah Permintaan Informasi Publik yang diterima

B. Waktu yang diperlukan dalam memenuhi setiap Permintaan Informasi Publik

C. Jumlah Permintaan Informasi Publik yang dikabulkan baik sebagian atau seluruhnya dan Permintaan Informasi Publik yang ditolak

D. Alasan penolakan Permintaan Informasi Publik

V Mengumumkan pengadaan barang dan jasa A. TAHAP PERENCANAAN

  1. Mengumumkan informasi pengadaan barang dan jasa
  2. Informasi rencana umum pengadaan melalui SIRUP atau sejenisnya tahun 2024
  3. Informasi paket pelelangan melalui LPSE atau sejenisnya
  4. paket 1 dan 2 tertinggi

B. Tahap Pemilihan

  1. Mengumumkan Informasi Pengadaan Barang dan Jasa Tahun 2024 yang telah dinyatakan terbuka atau telah selesai serah terima
  2. Kerangka Acuan Kerja (KAK)
  3. Harga Perkiraan Sendiri (HPS) serta Riwayat HPS
  4. Spesifikasi Teknis
  5. Rancangan Kontrak
  6. Dokumen Persyaratan Penyedia atau Lembar Data Kualifikasi
  7. Dokumen Persyaratan Proses Pemilihan atau Lembar Data Pemilihan
  8. Daftar Kuantitas dan Harga
  9. Jadwal pelaksanaan dan data lokasi pekerjaan
  10. Gambar Rancangan Pekerjaan
  11. Dokumen Studi Kelayakan dan Dokumen Lingkungan Hidup, termasuk Analisis Mengenai Dampak Lingkungan
  12. Dokumen Penawaran Administratif
  13. Surat Penawaran Penyedia
  14. Sertifikat atau Lisensi yang masih berlaku dari Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia
  15. Berita Acara Pemberian Penjelasan
  16. Berita Acara Pengumuman Negosiasi
  17. Berita Acara Sanggah dan Sanggah Banding
  18. Berita Acara Penetapan atau Pengumuman Penyedia
  19. Laporan Hasil Pemilihan Penyedia
  20. Surat Penunjukan Penyedia Barang/Jasa (SPPBJ)

C. TAHAP PELAKSANAAN

  1. Dokumen Kontrak yang telah ditandatangani beserta Perubahan Kontrak yang tidak mengandung informasi yang dikecualikan
  2. Ringkasan Kontrak yang sekurang-kurangnya mencantumkan informasi mengenai para pihak yang bertandatangan, nama direktur dan pemilik usaha, alamat penyedia, nomor pokok wajib pajak, nilai kontrak, rincian pekerjaan, spesifikasi pekerjaan, lokasi pekerjaan, waktu pekerjaan, sumber dana, jenis kontrak, serta ringkasan perubahan kontrak
  3. Surat Perintah Mulai Kerja
  4. Surat Jaminan Pelaksanaan
  5. Surat Jaminan Uang Muka
  6. Surat Jaminan Pemeliharaan
  7. Surat Tagihan
  8. Surat Pesanan E-purchasing
  9. Surat Perintah Membayar
  10. Surat Perintah Pencairan Dana
  11. Laporan Pelaksanaan Pekerjaan
  12. Laporan Penyelesaian Pekerjaan
  13. Berita Acara Pemeriksaan Hasil Pekerjaan
  14. Berita Acara Serah Terima Sementara atau Provisional Hand Over
  15. Berita Acara Serah Terima atau Final Hand Over
VI Informasi tentang organisasi, administrasi, kepegawaian, dan keuangan

A. pedoman pengelolaan organisasi, administrasi, personil dan keuangan

B. profil lengkap pimpinan dan pegawai

C. anggaran Badan Publik secara umum maupun anggaran secara khusus unit pelaksana teknis serta laporan keuangannya terdiri dari

  1. Dokumen DIPA atau sejenisnya Tahun 2023-2024
  2. Dokumen RKA atau sejenisnya Tahun 2023-2024
  3. Laporan Keuangan lengkap terdiri dari Neraca, LRA, CALK dan Daftar Asset 2023-2024
VII Surat-surat perjanjian dengan pihak ketiga berikut dokumen pendukungnya

A. Dokumen Memorandum of Understanding yang telah dinyatakan terbuka Tahun 2023-2024 dan tertuang dalam DIP Tahun 2024

B. Surat Perjanjian Lainnya yang telah dinyatakan terbuka Tahun 2023-2024 dan tertuang dalam DIP Tahun 2024

VIII Surat Menyurat Pimpinan Menyediakan surat menyurat pimpinan atau pejabat badan publik dalam rangka pelaksanaan tugas, fungsi, dan wewenangnya tahun 2023-2024
IX Dokumen Perizinan Menyediakan dokumen persyaratan perizinan, izin yang diterbitkan dan/atau dikeluarkan berikut dokumen pendukungnya, dan laporan penaatan izin yang diberikan 2023-2024
X Laporan Pelanggaran Menyediakan dokumen jumlah, jenis, dan gambaran umum pelanggaran yang ditemukan dalam pengawasan internal serta laporan penindakannya 2023-2024
XI Kebijakan Publik Menyediakan dokumen informasi dan kebijakan yang disampaikan pejabat publik dalam pertemuan yang terbuka untuk umum 2023-2024
XII Data Perbendaharaan/Inventaris Menyediakan data perbendaharaan atau inventaris 2023-2024
XIII Rencana Strategis/Rencana Kerja Menyediakan dokumen rencana strategis dan rencana kerja badan publik 2024
XIV Peraturan Perundang-Undangan Menyediakan dokumen peraturan perundang-undangan yang telah disahkan beserta kajian akademiknya 2024

Komitmen Organisasi

No Kategori Sub-Kategori / Deskripsi
I Profil PPID Menyediakan dan mengumumkan informasi profil PPID yang meliputi Stuktur, Visi dan Misi, dan SK Penetapan terbaru serta tugas dan fungsi PPID
II Standar Pelayanan Informasi Publik Menyediakan dan mengumumkan standar pelayanan informasi publik yang terdiri dari:

  1. SOP Permohonan Informasi
  2. SOP Uji Konsekuensi
  3. SOP Penetapan dan pemutakhiran daftar informasi publik
  4. SOP Pendokumentasian informasi publik

Maklumat Pelayanan

III Kebijakan Informasi Publik
  1. Menetapkan kebijakan pelayanan informasi publik
  2. Menetapkan strategi dan metode pembinaan, pengawasan, evaluasi, dan monitoring atas pelaksanaan kebijakan Informasi Publik yang dilakukan oleh PPID Pelaksana Pejabat Fungsional dan/atau Petugas Pelayanan Informasi
  3. Melakukan pembinaan, pengawasan, evaluasi, dan monitoring atas pelaksanaan kebijakan Informasi Publik yang dilakukan oleh PPID dan PPID Pelaksana
  4. Mengoordinasikan dan mengonsolidasikan proses penyimpanan, pendokumentasian, penyediaan, dan pelayanan Informasi Publik
  5. Mengoordinasikan dan mengonsolidasikan pengumpulan dokumen Informasi Publik dari PPID Pelaksana dan/atau Petugas Pelayanan Informasi
  6. Melakukan pembinaan, pengawasan, evaluasi, dan monitoring atas pelaksanaan kebijakan teknis Informasi Publik yang dilakukan oleh PPID Pelaksana dan/atau Petugas Pelayanan Informasi
IV Pendukung Pelayanan Informasi
  1. Menyediakan anggaran rutin kegiatan keterbukaan informasi
  2. Menyediakan anggaran bagi peningkatan kapasitas SDM pengelola PPID
  3. Menyampaikan laporan pelayanan informasi ke Komisi Informasi Provinsi Jambi

Sarana Prasarana

Kategori Sub-Kategori / Deskripsi
I. Menu PPID Terintegrasi Website Utama

A. Informasi Wajib Berkala

B. Informasi Tersedia Setiap Saat

C. Informasi Serta Merta

D. Informasi Dikecualikan

E. Permohonan informasi online (bukan mengunduh formulir permohonan)

F. Pengajuan keberatan online (bukan mengunduh formulir pengajuan keberatan)

II. Website PPID Pelaksana yang terintegrasi dengan website utama Kementerian/Lembaga/Badan yang menyediakan menu layanan A. Website terhubung ke (Masukkan link website yang terhubung) – bisa ke lembaga lebih tinggi/rendah

  1. Informasi Tersedia Setiap Saat
  2. Daftar Informasi Publik
  3. Permohonan informasi online (bukan mengunduh formulir permohonan)

B. Website terhubung ke (Masukkan link website yang terhubung) – bisa ke lembaga lebih tinggi/rendah

  1. Informasi Wajib Berkala
  2. Informasi Tersedia Setiap Saat
  3. Daftar Informasi Publik
  4. Permohonan informasi online (bukan mengunduh formulir permohonan)
III. Layanan Informasi di Kantor

A. Ruang Khusus Layanan Informasi/PPID

B. Formulir Permohonan Informasi dan keberatan informasi

C. Sarana Pendukung Lainnya

D. Aksesibilitas Tuna Wicara/Tuna Rungu

E. Aksesibilitas Tuna Lainnya